Minggu, 27 September 2015

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode (1)


1.    Pengertian Organisasi
A.   Organisasi
Organisasi berasal dari bahasa Yunani, organon yang berarti “alat”. Secara umum definisi organisasi adalah orang-orang yang usahanya harus dikoordinasikan, tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan dan tegantung, bekerja sama atas dasar pembagian kerja, peran dan wewenang serta mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Definisi organisasi telah banyak disampaikan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut :
a.       Ernest Dale
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok kerja.
b.      Chester I. Barnard           
Organisasi adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih.
c.       Cyril Soffer
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang masing-masing diberi peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan di antara pemegang pernanan dan kemudian digabung ke dalam beberapa bentuk hasil.
d.      James D. Mooney
Organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang secara terstruktur berkerja sama yang memiliki tugas masing-masing untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai bersama.

2.    Manajemen dan Organisasi
B.     Manajemen

Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang berarti seni melaksanakan dan mengatur. Kata manajemen juga berasal dari bahasa Italia maneggiare yang berarti mengendalikan.                     
Manajemen memiliki empat fungsi yang saling berkaitan satu sama lain, diantaranya adalah :
a.      Fungsi Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
b.      Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan perusahaan.
c.       Fungsi Pengarahan (Directing)
Pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya.
d.      Fungsi Pengendalian (Controling)
Pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
C.    Hubungan Organisasi dan Manajemen
Organisasi dan manajemen memiliki hubungan satu sama lain. Hubungan antara organisasi dan manajemen yakni organisasi sebagai alat/wadah bagi manajemen untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dengan kata lain, organisasi sebagai alat/wadah yang terdiri dari sekumpulan orang berperan dalam menjalankan keempat fungsi planning, organizing, directing, dan controlling yang dimiliki oleh manajemen. Tanpa adanya organisasi, manajemen tidak dapat dijalankan dan begitupun sebaliknya tanpa adanya manajemen, organisasi tidak dapat dikatakan organisasi karen tidak adanya aktivitas manajemen.

Referensi :
1Widyatmini & Izzati A. Pengantar Organisasi dan Metode, Gunadarma, Jakarta, 1995.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

My Role Model

A person can be said to be a role model, if the person’s actions, behaviors, characters are capable of inspiring someone. Everyone has ...