1.
Pengertian
Organisasi
A.
Organisasi
Organisasi berasal dari
bahasa Yunani, organon yang berarti “alat”.
Secara umum definisi organisasi adalah orang-orang yang usahanya harus
dikoordinasikan, tersusun dari sejumlah subsistem yang saling berhubungan dan
tegantung, bekerja sama atas dasar pembagian kerja, peran dan wewenang serta
mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Definisi organisasi telah banyak
disampaikan oleh para ahli, diantaranya sebagai berikut :
a.
Ernest Dale
Organisasi adalah suatu proses perencanaan yang
meliputi penyusunan, pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur atau pola
hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok kerja.
b.
Chester I. Barnard
Organisasi
adalah sistem kerjasama antara dua orang atau lebih.
c.
Cyril Soffer
Organisasi adalah perserikatan orang-orang yang
masing-masing diberi peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian
dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas-tugas, dibagikan di antara
pemegang pernanan dan kemudian digabung ke dalam beberapa bentuk hasil.
d. James
D. Mooney
Organisasi
adalah setiap bentuk kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Berdasarkan beberapa
pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, organisasi adalah sekumpulan
orang-orang yang secara terstruktur berkerja sama yang memiliki tugas
masing-masing untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai bersama.
2. Manajemen dan Organisasi
B.
Manajemen
Manajemen berasal dari
bahasa Perancis kuno ménagement, yang
berarti seni melaksanakan dan mengatur. Kata manajemen juga berasal dari bahasa
Italia maneggiare yang berarti
mengendalikan.
Manajemen memiliki
empat fungsi yang saling berkaitan satu sama lain, diantaranya adalah :
a. Fungsi
Perencanaan (Planning)
Perencanaan adalah
suatu kegiatan membuat tujuan perusahaan dan diikuti dengan membuat berbagai
rencana untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan tersebut.
b.
Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah
suatu kegiatan pengaturan pada sumber daya manusia dan sumberdaya fisik lain
yang dimiliki perusahaan untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta
menggapai tujuan perusahaan.
c.
Fungsi Pengarahan (Directing)
Pengarahan adalah suatu
fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja
secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan
lain sebagainya.
d.
Fungsi Pengendalian (Controling)
Pengendalian adalah
suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk
kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan.
C.
Hubungan
Organisasi dan Manajemen
Organisasi dan
manajemen memiliki hubungan satu sama lain. Hubungan antara organisasi dan
manajemen yakni organisasi sebagai alat/wadah bagi manajemen untuk mencapai
tujuan yang ingin dicapai. Dengan kata lain, organisasi sebagai alat/wadah yang
terdiri dari sekumpulan orang berperan dalam menjalankan keempat fungsi
planning, organizing, directing, dan controlling yang dimiliki oleh manajemen.
Tanpa adanya organisasi, manajemen tidak dapat dijalankan dan begitupun
sebaliknya tanpa adanya manajemen, organisasi tidak dapat dikatakan organisasi
karen tidak adanya aktivitas manajemen.
Referensi :
1Widyatmini & Izzati A. Pengantar Organisasi dan
Metode, Gunadarma, Jakarta, 1995.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar