Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas lebih lanjut mengenai arti
pentingnya organisasi dan metode. Yang akan dibahas dalam kesempatan kali ini
yaitu manajemen, organisasi dan tata kerja. Seperti yang kita ketahui, pada
pembahasan sebelumnya penulis telah menjabarkan mengenai manajemen dan
organisasi. Oleh karena itu, penulis
akan memulai dengan apa itu tata kerja.
1. Tata Kerja
Tata Kerja adalah cara dimana yang bertujuan untuk mencapai
tingkat efesien dan maksimal dengan cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan
benar dan berhasil sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Sumber lain
mengemukakan bahwa tata kerja ialah pola cara-cara bagaimana kegiatan dan
kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa tata kerja adalah
serangkaian langkah-langkah atau urutan yang harus dilakukan secara baik dan
benar untuk melakukan sesuatu agar sesuai dengan hasil yang diharapkan .
2. Manajemen dan Tata Kerja
Berdasarkan definisi
manajemen yaitu suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti
perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian/pengawasan, yang
dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah diinginkan.
Serta definisi tata kerja
sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara manajemen dan tata kerja yakni
dalam melakukan fungsi-fungsi manajemen yang terdiri atas planning, organizing, directing, dan controlling perlu dilakukan sesuai urutan yang berlaku demi
tercapainya tujuan yang diinginkan.
3. Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Manajemen, organisasi, dan tata kerja berkaitan satu sama
lain :
§ Manajemen : Proses kegiatan
pencapaian tujuan melalui kerjasama
§ Organisasi : Alat atau wadah bagi
pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
§ Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana
kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai.
Ketiga elemen tersebut sangan dibutuhkan satu sama lain oleh
suatu organisasi sebagai media atau alat yang digunakan untuk mencapai sesuatu
yang dalam pelaksananaannya harus berdasarkan urutan tata kerja dari
fungsi-fungsi manajemen demi tercapainya tujuan bersama. Jika dalan
pelaksanannya tidak berdasarkan urutan yang telah direncanakan makan organisasi
tersebut tidak dapat berjalan dengan baik dan tidak mencapai tujuannya.
Referensi :
3
Widyatmini & Izzati A. Pengantar Organisasi dan Metode, Gunadarma, Jakarta,
1995.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar